Sampah Dari Rumah
48
Jumlah Pemulung
5

Mengembangkan pengelolaan sampah berkelanjutan dengan pendekatan circular economy.

Sadar bahwa Pemulung adalah urat nadi dari pengelolaan sampah di Indonesia. Parahita Mulung membangun unit daur ulang yang dipekerjakan dan dijalankan oleh para pemulung. Tujuannya adalah untuk meningkatkan laju pengumpulan sampah melalui jaringan yang efisien, sehingga memaksimalkan pendapatan pemulung, sekaligus menyediakan layanan kesehatan, dan lingkungan kerja yang aman bagi mereka.
Melalui proyek Mulung, Parahita mendorong para pemulung untuk lebih berkembang melalui permodalan dan pedampingan seperti; standarisasi pemilahan material daur ulang, manajemen usaha dan keuangan menjadi UMKM agar ke depannya bisa menjadi mandiri dan diakui sebagai legalitas usaha. Mulung mengembangkan wadah dan sistem berbasis teknologi untuk pemegang kepentingan dalam pengelolaan sampah, mulai dari rumah tangga/perseorangan, pemulung/kolektor, bank sampah, pengepul, penyortir, hingga pabrik daur ulang.

61% Sampah di Indonesia terabaikan. Hanya 29% yang sudah dikelola dan hanya 10% yang didaur ulang kembali. Menurut Badan Pusat Statistik, Indonesia memproduksi 64 juta ton sampah plastik setiap tahun dimana 85.000 ton dibuang ke sungai yang kemudian berakhir di laut. Gunung-gunung sampah di TPA akibat timbulan sampah yang tidak tertangani pun tidak bisa dihindari, hampir seluruh TPA di Indonesia sudah hampir kehabisan lahan untuk sampah. Jangan sampai tragedi leuwigajah “Bandung Lautan Sampah” terjadi kembali. Ayo, bantu Indonesia menjadi lebih baik!

Jadi Agen Perubahan Yuk!

Kami #PejuangSampah ! 

Kami #PejuangSampah ! 

Kami #PejuangSampah ! 

Kami #PejuangSampah ! 

Kami #PejuangSampah ! 

Kami #PejuangSampah ! 

Bagikan info #PejuangSampah ke teman-teman kamu yuk!